Blog

Lantai Vinyl

HommodeId – Apa Itu Lantai Vinyl ?

Lantai kayu menjadi favorit untuk desain interior lantai kebanyakan rumah. Meskipun banyak yang masih menggunakan lantai ubin, keramik atau marmer, pemilihan lantai kayu juga masih banyak digunakan dalam hal ini adalah Lantai Parket.

Tetapi perlu banyak uang untuk membeli lantai kayu solid parket seperti itu. Solusi mudah dan murah untuk mengatasi kemahalan lantai kayu atau lantai parket adalah menggunakan lantai vinyl. Mengapa lantai vinyl ? Apa sih yang dimaksud lantai vinyl itu ? lalu apa saja kelebihan dan kekurangan lantai vinyl dibanding dengan lantai kayu ?

Lantai Vinyl adalah sejenis pelapis lantai yang terbuat dari vinyl yang tersedia dalam bentuk lembaran atau ubin (papan). Dan lantai vinyl merupakan jenis lantai paling murah ketimbang lantai pelapis jenis lainnya. Makanya banyak juga yang memakai lantai vinyl ini untuk melapisi lantainya agar terkesan klasik tetapi terkesan glamor.

Material Lantai Vinyl Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan lantai vinyl ketimbang yang lainnya ?

Pertama, lantai vinyl memiliki permukaan yang lebih halus ketimbang lantai solid wood atau lantai parket. Dan lantai vinyl memiliki lapisan bawah berupa busa atau kain yang membuat lantai vinyl terasa nyaman dan juga lembut saat dipijak.

Kedua, Lantai vinyl memiliki banyak sekali corak, warna dan juga gaya. Karena lantai ini merupakan lantai hasil pabrikasi yang pembuatannya di cocokkan dengan corak dan warna asli material kayu pada umumnya. Jadi jika dilihat dari kejauhan, lantai vinyl ini tidak jauh berbeda dengan lantai kayu asli atau lantai parket.

Ketiga, Keawetan dan ketahanan lantai vinyl yang relatif lama menjadi alasan banyak orang memilih lantai vinyl. Lantai ini dapat bertahan dalam kisaran 15 – 20 tahun. Dan perawatannya juga mudah sekali. Anda hanya perlu menyapunya dan secara rutin mengepelnya untuk menghilangkan debu dan menjaga lantai tersebut agar tetap bersih.

Tata cara pemasangan dapat dilihat di link tutorial pemasangan lantai Vinyl.

Dari ke tiga kelebihan tersebut, muncul pula kekurangan – kekurangan yang dimiliki lantai vinyl, apa saja itu ?

Pertama, Lantai vinyl terbuat dari Polyvinyl Cloride atau PVC. Dan PVC ini dapat melepaskan VOC atau Volatile Organic Compounds ke udara yang dapat menyebabkan bahaya kepada orang-orang yang sensitif terhadap VOC ini. Tetapi seiring dengan informasi tersebut, tahun 2010 perusahaan – perusahaan lantai vinyl mulai mengurangi bahan PVC dalam memproduksi lantai vinyl mereka.

Kedua, Perhatikan betul dalam pemasangan lantai vinyl. Jika lantai lapisan pertama tidak dalam kondisi bersih maksimal, maka yang terjadi, lanta vinyl akan mudah mengelupas dan copot. Dan akan mengurangi kualitas dan juga keawetan lantai vinyl. Jadi dalam pemasangannya, pastikan lantai lapisan pertama dalam kondisi bersih maksimal.

Ketiga, Karena lantai vinyl merupakan pelapis lantai, buka solid wood flooring atau kayu parket, maka anda harus hati – hati dalam memindahkan barang apapun, atau benda tajam, dikarenakan apabila terkena atau menggores lantai vinyl, maka lantai sulit diperbaiki dan anda harus menggantinya.

Ciptakan keindahan properti rumah anda bersama Hommode Floors. Kami menyediakan Lantai Kayu, Lantai Parquet / Parket, Lantai Vinyl (Vinyl Flooring), Vinyl Click, WPC Decking dan WPC Shed dengan banyak pilihan terlengkap. dengan pelayanan terbaik dan kualitas lantai kayu berstandar internasional yang ramah lingkungan, dengan harga yang kompetitif.

Hommode.id

× How can I help you?